9/09/2017

Download Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Terbaru Tahun 2017

Download Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Terbaru Tahun 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs datadatasekolah.blogspot.com akan sedikit menerangkan beberarapa peraturan pemerintahan sebagai berikut,
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak sertaperadaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan sumber dayapendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga kependidikan,masyarakat, dana, sarana, dan prasarana. Sebagai sumber daya pendidikan, tenagamkependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan,pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan
pendidikan. Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang bertugasmmemberikan dukungan layanan administrasi sekolah pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga
Administrasi Sekolah/Madrasah menjelaskan bahwa tenaga administrasi  sekolah/madrasah terdiri atas kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus. 

Pelaksana Urusan meliputi pelaksana urusan:
administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi sarana prasarana, administrasi humas, administrasi persuratan dan kearsipan, administrasi kesiswaan, administrasi kurikulum, dan administrasi umum untuk SD/MI/SDLB. Petugas layanan khusus, meliputi penjaga sekolah, tukang kebun, pengemudi dan pesuruh. Berdasarkan peraturan tersebut, untuk dapat diangkat sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah,
seseorang wajib memenuhi standar tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.
Kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah mencakup kompetensi kepribadian, sosial, teknis, dan manajerial. Pelaksana Urusan meliputi kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis pelaksana urusan, sadangkan Petugas 

Layanan Khusus mencakup kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis petugas layanan khusus.
Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah disusun sebagai acuan bagi tenaga administrasi sekolah/madrasah agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

B. Dasar Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
4. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2009 yang diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Satuan Pendidikan.
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal.
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2010 tentang Norma,
Standar, Prosedur, dan Kriteria di Bidang Pendidikan.
10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
.
C. Tujuan
Panduan kerja ini disusun sebagai acuan bagi tenaga administrasi sekolah/madrasah agar
dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam rangka memenuhi Standar
Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan ini juga dapat digunakan sebagai acuan 

bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan
para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melakukan pembinaan bagi
tenaga administrasi sekolah/madrasah.

D. Sasaran
Sasaran pengguna Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah adalah sebagai berikut:
1. tenaga perpustakaan sekolah/madrasah
2. kepala sekolah/madrasah
3. pengawas sekolah
4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
5. para pemangku kepentingan pendidikan lainnya yang bertugas melakukan pembinaan kepada tenaga perpustakaan.

E. Ruang Lingkup Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah berisi Pendahuluan, Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Deskripsi Tugas Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, Sasaran Kerja Pegawai dan Penilaian Kinerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan Penutup .
Untuk selengkapnya anada bisa download link yang sudah kami sediakan di bawah ini : 


LINKDOWNLOAD :

ini merupakan informasi dalam bidang Administrasi, Aplikasi Kartu Soal untuk 5 Opsi Pilihan Ganda dan Soal Essay Format Microsoft Excel, Download, Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah, Terbaru Tahun 2017. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang baik dan benar sesuai harapan saudara.

Baca juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar