7/23/2017

Buku Kusus BK (Bimbingan Konseling) SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2017

Buku Kusus BK (Bimbingan Konseling) SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2017



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs datadatasekolah.blogspot.com akan menerangkan sedikit dan berbagi file yang mungkin akan sedikit membantu bagi anda yang sedang membutuhkan sebagai berikut.

Kurikulum 2013 memuat program peminatan peserta didik yang merupakan suatuproses pemilihan dan pengambilan keputusan oleh peserta didik yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada pada satuan pendidikan. Muatan peminatan peserta didik meliputi peminatan kelompok matapelajaran, matapelajaran, lintas peminatan, pendalaman peminatan dan ekstra kurikuler. Dalam konteks tersebut, layanan bimbingan dan
konseling membantu peserta didik untuk memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan keputusan dirinya secara bertanggungjawab sehingga mencapai kesuksesan, kesejahteraan dan kebahagiaan dalam kehidupannya. Di samping itu, bimbingan dan konseling membantu peserta didik/konseli dalam memilih, meraih dan mempertahankan karir untuk mewujudkan kehidupan yang produktif dan sejahtera. 

Pedoman ini dimaksudkan untuk memberi arah penyelenggaraan layanan bimbingan dan
konseling dalam implementasi kurikulum 2013. Secara khusus bertujuan untuk:
  • Memfasilitasi guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling
  • Memberi acuan dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling secara utuh dan optimal dengan memperhatikan hasil evaluasi dan daya dukung sarana dan prasarana yang dimiliki
  • Memberi acuan dalam monitoring, evaluasi dan supersivi penyelenggaraan bimbingan dan konseling. 

Bimbingan dan konseling sebagai layanan profesional pada satuan pendidikan dilakukan oleh tenaga pendidik profesional yaitu Konselor atau Guru Bimbingan dan Konseling. Konselor adalah seseorang yang berkualifikasi akademik Sarjana Pendidikan (S-1) dalam bidang bimbingan dan konseling dan telah lulus Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor.Sarjana Pendidikan (S-1) dalam bidang bimbingan dan konseling yangdihasilkan Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dapat ditugasi sebagai Guru Bimbingan dan Konseling untuk menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan.

Guru Bimbingan dan Konseling yang bertugas pada satuan pendidikan tetapi belum memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang ditentukan, secara bertahap ditingkatkan kualifikasi akademik dan kompetensinya sehingga mencapai standar yang ditentukan sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor yaitu Sarjana Pendidikan (S-1) dalam bidang bimbingan dan konseling dan telah lulus Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor.
Program Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor (PPGBK/K) menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang bimbingan dan konseling/ Konselor.

Kurikulum pendidikan profesi guru bimbingan dan konseling sama dengan kurikulum pendidikan profesi konselor, dengan demikian lulusan program PPGBK/K menghasilkan pendidik profesional dalam bidang bimbingan dan konseling yang disebut konselor atau guru bimbingan dan konseling yang dianugerahi gelar Gr.Kons.

Berikut ini File Buku Kusus BK (Bimbingan Konseling) SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2017 yang bisa Anda Download Secara Gratis.

Untuk selengkapnya kami menyediakan beberapa file yang bisa download secara langsung dengan berupa link di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

ini merupakan informasi dalam bidang Bimbingan Konseling, BK, Buku Kusus, SD, SMA, SMK, SMP, Terbaru Tahun 2017. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang baik dan benar sesuai harapan saudara.

Baca juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar